Monday, December 3, 2012
0 comments

Prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan Perangkat Keras dan perangkat lunak

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi tinggi yang akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. Dengan diperkenalkannya teknologi yang Baru di tempat kerja atau lingkungan rumah, aspek kesehatan dan keselamatan kerja harus dipertimbangkan dengan saksama

Prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
Pengguna komputer atau user kadang-kadang berada di depan komputer berjam-jam bahkan berhari-hari. Hal ini disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau hobinya dalam bidang komputer. otot leher dan pinggang rasanya kaku dan pegal semua!" atau mata menjadi kabur. Agar kesehatan tidak terganggu, maka dibutuhkan kenyamanan dalam menggunakan komputer. Kenyamanan yang dibutuhkan meliputi kenyamanan keadaan user maupun hardware atau perangkat keras komputer. Untuk dapat nyaman di depan komputer, pengguna komputer harus memiliki posisi yang benar, baik posisi duduk, posisi mata, dan posisi tangan di keyboard.

Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
Posisi duduk yang benar adalah menghadap komputer lurus, tidak menyamping, atau membentuk sudut terhadap layar komputer. Posisi punggung lurus, dapat diperoleh jika posisi layar (monitor) komputer sejajar dengan mata.
Kursi yang nyaman tidak harus mahal, yang penting ada sandaran dan posisi duduk bisa bebas. jika kita menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatlah sebentar atau berdiri untuk meluruskan pinggang. Jika duduk dalam jangka waktu yang lama, maka punggung kita akan kekurangan oksigen sehingga menjadi nyeri. Agar rasa nyeri hilang, maka harus dapat menormalkan kembali aliran oksigen ke punggung.
Yang kedua adalah posisi mata terhadap layar. Posisi mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah. jika posisi mata lebih tinggi atau lebih rendah, maka leher menjadi cepat lelah. Layar yang digunakan sebaiknya juga layar yang low radiasi. Saat ini sudah ada layar jenis LCD, layar LCD sejuk di mata dan aman dari radiasi. jika menggunakan CRT, layar diusahakan disetel tidak terlalu terang. Pemberian warna yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan mata sehingga lama-kelamaan menjadi rabun. Untuk menghindari kerusakan mata, kita dapat juga menggunakan kaca anti radiasi.
Demikian juga posisi tangan pada keyboard. Tangan paling banyak melakukan aktivitas dibandingkan dengan pancaindera yang lain. Karena hal inilah, maka posisi tangan pada keyboard harus dibuat senyaman mungkin sehingga tangan tidak cepat lelah. Pilihlah tuts (tombol) keyboard yang lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik. Keluhan lelah pada jari seringkali terjadi pada pengguna komputer.

Dibawah ini merupakan gambar Posisi yang benar saat bekerja dengan komputer


Cara Menggunakan Komputer Dengan Memperhatikan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3)
Setelah kita tahu bagaimana posisi yang benar di depan komputer maka langkah berikutnya adalah bagaimana memperlakukan komputer. Komputer juga harus diperlakukan dengan baik supaya komputer yang kita gunakan tidak cepat rusak.
    Pertama adalah komputer harus diletakkan di tempat yang aman. Aman dari jangkauan anak-anak, aman dari api, aman dari penyinaran matahari secara terus menerus, dan aman dari percikan air. Komputer harus aman dari jangkauan anak¬anak karena anak-anak tidak tahu bagian yang paling sensitif dari komputer sehingga kadang-kadang mereka menghidupkan dan mematikan komputer semaunya dan tidak menggunakan prosedur yang benar. Di sam¬ping itu, kabel di komputer cukup banyak sehingga jika jauh dari jangkauan anak-anak, bahaya arus listrik dapat dihindari.
     Aman dari jangkauan api. Api dapat mengakibatkan kebakaran dan dapat menyebabkan hardware menjadi rusak. Penyinaran matahari secara terus menerus mengakibatkan aus pada bodi komputer sehingga bagian dalam juga akan rusak.
    Yang terakhir adalah aman dari percikan air, baik itu air hujan atau air dari sumber lain, seperti air. Komputer dalam beroperasi menggunakan arus listrik. Jika ada percikan air walaupun sedikit pada monitor atau CPU mengakibatkan korsleting sehingga hardware terbakar.
    Selanjutnya adalah langkah penggunaan komputer. Setiap pemakaian komputer selalu diawali dengan memasang stop kontak untuk power supply, kemudian menghidupkan power. Stop kontak yang digunakan sebaiknya yang mantap, tidak goyang sehingga arus listrik tidak terganggu. Karena arus langsung ke PLN rata-rata 220 volt dan berbahaya bagi kita, maka perlu hati-hati dalam memasang stop kontak.
    Kabel di komputer cukup banyak, maka harus dihindari kesemrawutan, kabel dapat dirapikan dengan mengisolasi atau mengikatnya dengan karet. Hal lain yang harus diperhatikan adalah stabilizer. Stabilizer harus digunakan karena arus listrik yang tidak mantap (naik turun) dapat menyebabkan kerusakan pada hardware dan kebakaran.
    Sesudah stop kontak dipasang, maka dilanjutkan dengan menekan tombol ON / OFF. Perlakuan seperti ini dikenal sebagai booting dingin (cold booting). Proses booting dingin ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan tidak dilakukan secara berulang-ulang. Kemudian, tunggu beberapa saat karena komputer sedang menset sesuai BIOS dan mengecek perangkat komputer seperti monitor, keyboard, mouse, printer dan sebagainya. Jika semua sudah siap, maka komputer akan menampilkan desktop.
    Setelah kita selesai menggunakan komputer, Alat ini perlu dimatikan dengan cara yang benar. Cara yang benar baik dan aman untuk mematikan komputer adalah :
  • Pastikan semua program yang anda gunakan sudah ditutup
  • Klik (Tekan tombol mouse sebelah kiri) 1 kali pada tombol START (Biasanya berada pada sudut kiri bawah dari desktop), maka akan muncul Menu pada Dekstop.
  • Pada bagian bawah menu yang muncul, pilih Tombol Turn Off Computer dengan klik 1 kali tombol tersebut maka akan muncul kotak Dialog Pilihan.
  1. Stand By    : untuk mengistirahatkan komputer, tetapi komputer tetap hidup
  2. Turn Off    : Mematikan Komputer Total
  3. Restart    : Membooting ulang
  4. Cancel    : Membatalkan perintah untuk mematikan komputer
  • Pilik dan Klik 1 kali Turn Off , tunggu beberapa saat. Setelah itu komputer akan mati dengan sendirinya.
  • Matikan Monitor komputer dan stabilizer (jika ada) dan cabut kabel yang terhubung dengan StopKontak (Sumber arus listrik).
Perbandingan posisi duduk dalam penggunaan komputer

0 comments :

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top