Rabu, 07 Januari 2015

Mengenal Sistem Komputer

Operating System (OS) merupakan kumpulan dari beberapa perintah atau program pengendali komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware (perangkat keras) yang mereka miliki.

Pandangan Sistem Operasi

Pengertian dari sistem operasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandangan.
1. Dilihat dari sudut pandang Pengguna
Dari sudut pandanga pengguna, sistem operasi sebagai alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Dalam hal ini sistem operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan pengguna, dibandingkan menggunakan kinerja ataupun utilitas sumberdaya. Sebaliknya, dalam lingkungan banyak pengguna (multi user), sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalkan pengguna sumber daya komputer. Misalnya, embedded komputer pada peralatan rumah tangga seperti mesin cuci yang mungkin saja memiliki lampu indikator untuk menunjukan keadaan sekarang, tetapi sistem operasi ini dirancang untuk bekerja tanpa campur tangan pengguna.

2. Dilihat dari Sudut Pandang Sistem
Dari sudut pandang sistem, sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumberdaya secara efisien (resource allocator). Sistem Operasi adalah manager bagi sumber daya yang menangani konflik permintaan bagi sumber daya secara efisien. Sistem Operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari alamat M/K (masukan/kelauaran). Fungsi ini dikenal jugasebagai program pengendali (control program). Lebih lagi, sistem oprasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah kernel.

3. Dilihat dari Sudut Pandang Tujuan Sistem Operasi

0 komentar

Posting Komentar