Jumat, 07 Juni 2013

Mengatasi Masalah Web Browser yang Crash (sering restart sendiri)

Mozilla Firefox adalah browser yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat browsing di dunia maya. Karenanya siapa juga yang tidak kenal dengan browser yang satu ini. Tetapi Mozilla Firefox juga terkenal sebagai browser yang suka crash atau restart sendiri. Menjengkelkan memang apalagi saat kita asyik-asyiknya membuka banyak website. Saat hal ini terjadi seringkali yang terjadi adalah firefox  tidak bisa di gunakan lagi kecuali komputer sudah direstart. Atau bisa dibuka lagi tapi tetap saja selalu restart.

Adanya permasalahan ini menjadikan saya mencoba mencari tahu solusi apa yang bisa digunakan untuk menghindari crash firefox ini. Karena memang masalah firefox yang suka crash sudah menjadi bagian dari kegiatan browsing saya sehari-hari, jadi ini berbagi informasi yang saya dapatkan dari tips di internet:
  1. Check Add-Ons di mozilla fairefox sobat. Yang dirasa tidak berguna, silahkan disable atau langsung uninstall saja
  2. Jika hal ini telah dilakukan tapi masalah belum teratasi, segera unistall firefox anda dan install ulang dari awal, kalau bisa pilih versi terbaru.
  3. Disable Link scanner antivirus AVG bila sobat menggunakan AVG, ini juga termasuk penyebab Mozilla Firefox sering crash.
  4. Bila masih belum juga teratasi dan masih sering crash, silakan buka cpu komputer sobat dan bersihkan memori atau RAM komputer. Atau bila ternyata ram sudah mulai lemah, ganti dengan yang baru.
  5. Cara lain Uninstall antivirus yang anda gunakan, lalu lakukan instal ulang. Biasanya terdapat file update antivirus yang belum selesai yang membuat firefox sering crash.
  6. Check software atau aplikasi versi trial yang anda gunakan, saat software trial akan habis masa berlakunya biasanya sering menampilkan pesan register, upgrade, dan sejenisnya. Ini juga akan mengganggu kinerja browser sobat menjadi penyebab terjadinya crash pada firefox.
  7. Langkah terakhir jika semuanya tidak menyelesaikan masalah adalah coba install ulang komputer anda.. bisa jadi cara ini menjadi pilihan terakhir namun efektif.
Ternyata banyak kemungkinan yang menjadi penyebab Mozilla Firefox sering crash. Wah…banyak sekali kemungkinan penyebab mozilla firefox sering crash, lalu cara mana paling efektif mengatasi firefox yang sering crash ?

Berdasarkan pengalaman seseorang yang beberapa kali mengalami hal ini, cara yang dia gunakan adalah menguninstall firefox melalui control panel kemudian menginstall ulang kembali. Pada kasus yang lain, ternyata penyebabnya memory/ram komputer yang lemah sehingga harus diganti. Ternyata dengan cara-cara tersebut browsing menjadi lancar kembali tanpa perlu melakukan install ulang komputer.

Demikian tips untuk mengatasi mozilla firefox yang suka crash dan restart sendiri, semoga tips yang saya dapatkan dari browsing di internet ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Silakan dicoba. 

sumber : http://visidigital.blogspot.com/2012/02/mengatasi-mozilla-firefox-yang-suka.html

0 komentar

Posting Komentar