Kamis, 06 Desember 2012

Istilah-Istilah dalam Jaringan

Jaringan komputer (network) merupakan sarana utama pembentuk jaringan internet. Jaringan komputer dapat berupa jaringan lokal maupun jaringan global. Saat membahas jaringan komputer, Anda akan menemui istilah  serverclient, hingga  workstation. Pengertian dari beberapa istilah dapat Anda simak dalam uraian berikut.

Server
Server (disebut pula  host ) adalah komputer pelayan.Server bertugas sebagai komputer pusat yang mengendalikan jaringan.Server juga berfungsi sebagai pusat data.

Workstation
Workstation (disebut pula client) adalah komputer-komputer anggota jaringan yang dilayani  server .  Workstation inilah yang digunakan oleh pemakai komputer.
Selain server  dan workstation , dalam jaringan dikenal pula istilah simpul atau node.  Node artinya titik. Dalam konteks jaringan,  node merupakan anggota jaringan yang dapat menerima data atau menghasilkan data. Ada pula node yang dapat menghasilkan sekaligus menerima data. Contoh  node yaitu komputer  server  serta  client.

Jaringan komputer dapat digunakan dalam berbagai lingkup, mulai dari lingkup yang sempit hingga antarbenua. Jaringan komputer dalam lingkup yang sempit misalnya jaringan komputer perkantoran. Jaringan komputer antarbenua misalnya jaringan internet. Perbedaan lingkup kerja jaringan biasanya bergantung kepada manfaat yang akan diambil dari jaringan tersebut. Misalnya penggunaan satu printer untuk beberapa komputer tentu tidak memerlukan jaringan antarbenua.

LAN (Local Area Network)
Local Area Network adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Pada umumnya LAN dimiliki oleh perusahaan atau organisasi. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam gedung tersebut.
Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di dalam kantor. Sumber daya yang dimaksud misalnya printer . LAN memungkinkan suatu perusahaan menggunakan printer secara bersama-sama. Selain itu, LAN juga memungkinkan komputer-komputer untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi.

MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network adalah jaringan LAN dalam versi lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer yang terdapat pada beberapa kantor yang berdekatan letaknya. Misalnya, jaringan MAN yang terhubung pada kantor-kantor pemerintah dalam suatu kota. Hal ini dilakukan untuk berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lainnya. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat terhubung dengan jaringan televisi kabel.

WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas. WAN dapat menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam sebuah negara.

0 komentar

Posting Komentar