Selasa, 22 Mei 2012

Backlink Anda Diserang ????

Anda pernah mengalami hal semacam ini? Sumber backlink atau site pendukung site utama anda diserang/dispam kompetitor? ini sangat sering terjadi dan tampaknya memang alami. Apalagi pas musim kontes-kontes SEO ternama seperti Busby seo test contest. Ini pernah terjadi beberapa pada site yang sedang saya optimasi dan juga pada waktu mengikuti busby contest. Walaupun waktu itu masih single fighter dan tidak mengandalkan network, posisinya juga cukup bagus. Nah saat itulah beberapa kontestan mulai melakukan penyerangan. Awalnya saya belum ngeh, setelah sekitar 2 minggu baru saya sadar posisi SERPs sudah mulai melorot. Setelah melakukan ceking sana sini, ternyata hampir 80% site pendukung kena spam dan dilumpuhkan. Pagerank site pendukung yang semula rata-rata 2 mulai rontok yang berakibat melorotnya hasil SERPs web utama.
Setelah melakukan cekup dengan lebih detail, ternyata yang paling gampang diserang adalah personal web/blog. Sedangkan link-link dari social bookmark masih tetap stabil dan terus memberikan supportnya kepada web utama. Jadi kesimpulan saya sementara ini adalah link dari social bookmark lebih stabil daripada link dari situs/blog pribadi. Saya kira ini bukan kesimpulan final, karena itu perlu dikaji ulang dan perlu dites kebenarannya.
Mungkin dalam waktu dekat ini, saya akan mencoba untuk melakukan beberapa eksperimen untuk memastikan teori diatas benar atau ngawur :D . Jadi tunggu saja update berikutnya. Demikian sekelumit kisah yang dapat saya share dengan rekan-rekan, semoga bisa dijadikan untuk pertimbangan langkah seo yang lebih baik dan lebih cerdas.
dikutip dari : http://www.adianova.com

0 komentar

Posting Komentar